Cara Menghitung BEP dan Menerapkannya ke Bisnis Anda
Cara Menghitung BEP dan Menerapkannya ke Bisnis Anda
Kapan saya akan balik modal? Ini adalah salah satu pertanyaan terbesar yang perlu Anda jawab saat memulai bisnis. Dan itulah mengapa sangat penting untuk melakukan analisis BEP, yang membantu Anda menentukan biaya tetap (seperti sewa) dan biaya variabel (seperti bahan) sehingga Anda dapat menetapkan harga dengan tepat dan memperkirakan kapan bisnis Anda akan menguntungkan.
Visit Link
Download Subtitle
Kemudian tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah harga Anda terlalu rendah atau biaya Anda terlalu tinggi untuk mencapai titik impas Anda dalam jumlah waktu yang wajar? Apakah bisnis Anda berkelanjutan?
Untuk menghitung titik impas berdasarkan unit: Bagilah biaya tetap dengan pendapatan per unit dikurangi biaya variabel per unit. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah, tidak peduli berapa banyak unit yang terjual. Pendapatan adalah harga yang Anda jual produk dikurangi biaya variabel, seperti tenaga kerja dan material. Break-Even Point (Units) = Fixed Costs ÷ (Revenue per Unit – Variable Cost per Unit)
Ketika menentukan titik impas berdasarkan dolar penjualan: Bagilah biaya tetap dengan margin kontribusi. Margin kontribusi ditentukan dengan mengurangi biaya variabel dari harga suatu produk. Jumlah ini kemudian digunakan untuk menutupi biaya tetap.
Break-Even Point (sales dollars) = Fixed Costs ÷ Contribution Margin
Contribution Margin = Price of Product – Variable Costs
Untuk memahami arti semua ini dengan lebih baik, mari kita lihat lebih detail komponen formula.
Biaya tetap: Seperti disebutkan di atas, biaya tetap tidak terpengaruh oleh jumlah barang yang dijual, seperti sewa yang dibayarkan untuk etalase atau fasilitas produksi, komputer, dan perangkat lunak. Biaya tetap juga termasuk biaya yang dibayarkan untuk layanan seperti desain grafis, iklan, dan hubungan masyarakat.
Margin kontribusi: Margin kontribusi dihitung dengan mengurangi biaya variabel item dari harga jual. Jadi jika Anda menjual produk seharga $ 100 dan biaya bahan dan tenaga kerja adalah $ 40, maka margin kontribusi adalah $ 60. $ 60 ini kemudian digunakan untuk menutupi biaya tetap, dan jika ada sisa uang setelah itu, itu adalah laba bersih Anda.
Rasio margin kontribusi: Angka ini, biasanya dinyatakan sebagai persentase, dihitung dengan mengurangkan biaya tetap dari margin kontribusi Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai titik impas, seperti memotong biaya produksi atau menaikkan harga Anda.
Keuntungan yang diperoleh setelah mencapai titik impas: Setelah penjualan Anda sama dengan biaya tetap dan variabel, Anda telah mencapai titik impas, dan perusahaan akan melaporkan laba bersih atau kerugian $ 0. Setiap penjualan di luar titik itu berkontribusi pada laba bersih Anda.
Pada titik ini, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah rencana Anda saat ini realistis, atau apakah Anda perlu menaikkan harga, mencari cara untuk memotong biaya, atau keduanya. Anda juga harus mempertimbangkan apakah produk Anda akan sukses di pasar. Hanya karena analisis titik impas menentukan jumlah produk yang perlu Anda jual, tidak ada jaminan bahwa mereka akan menjual.
Idealnya, Anda harus melakukan analisis ini sebelum memulai bisnis sehingga Anda memiliki gagasan yang bagus tentang risiko yang terlibat. Dengan kata lain, Anda harus mencari tahu apakah bisnis itu sepadan. Bisnis yang ada harus melakukan analisis ini sebelum meluncurkan produk atau layanan baru untuk menentukan apakah atau tidak potensi laba bernilai biaya startup.
Analisis titik impas tidak hanya berguna untuk perencanaan awal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan bisnis dalam operasi dan perencanaan harian mereka.
Harga: Jika analisis Anda menunjukkan bahwa harga Anda saat ini terlalu rendah untuk memungkinkan Anda mencapai titik impas dalam jangka waktu yang Anda inginkan, maka Anda mungkin ingin menaikkan biaya item. Pastikan untuk memeriksa biaya barang yang sebanding, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan harga dari pasar.
Bahan: Apakah biaya bahan dan tenaga tidak berkelanjutan? Cari tahu bagaimana Anda dapat mempertahankan tingkat kualitas yang Anda inginkan sambil menurunkan biaya Anda.
Produk baru: Sebelum Anda meluncurkan produk baru, perhitungkan baik biaya variabel baru maupun biaya tetap, seperti biaya desain dan promosi.
Perencanaan: Bila Anda tahu persis berapa banyak yang perlu Anda buat, lebih mudah untuk menetapkan sasaran jangka panjang. Misalnya, jika Anda ingin memperluas bisnis Anda dan pindah ke ruang yang lebih besar dengan sewa yang lebih tinggi, Anda dapat menentukan berapa banyak lagi yang harus Anda jual untuk menutupi biaya tetap yang baru.
Tujuan: Jika Anda tahu berapa banyak unit yang Anda butuhkan untuk dijual atau berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk impas, itu dapat berfungsi sebagai alat motivasi yang kuat untuk Anda dan tim Anda.
Apa itu Break Even Point Dalam Bisnis?
Break Even Point adalah tahap di mana pendapatan setara dengan biaya. Setelah Anda menentukan angka itu, Anda harus memerhatikan semua biaya Anda - dari sewa ke tenaga kerja hingga bahan - serta struktur harga Anda.
Download
Reboza Sambirejo
File Size 997.28 MB
Jika tidak terdownload otomatis silahkan klik Download Ulang. Dan jika link rusak silahkan lapor melalui halaman Komentar.
Menghitung titik impas Anda
Ada beberapa rumus dasar untuk menentukan titik impas bisnis. Satu didasarkan pada jumlah unit produk yang dijual dan yang lainnya didasarkan pada poin dalam dolar penjualan.Untuk menghitung titik impas berdasarkan unit: Bagilah biaya tetap dengan pendapatan per unit dikurangi biaya variabel per unit. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah, tidak peduli berapa banyak unit yang terjual. Pendapatan adalah harga yang Anda jual produk dikurangi biaya variabel, seperti tenaga kerja dan material. Break-Even Point (Units) = Fixed Costs ÷ (Revenue per Unit – Variable Cost per Unit)
Ketika menentukan titik impas berdasarkan dolar penjualan: Bagilah biaya tetap dengan margin kontribusi. Margin kontribusi ditentukan dengan mengurangi biaya variabel dari harga suatu produk. Jumlah ini kemudian digunakan untuk menutupi biaya tetap.
Break-Even Point (sales dollars) = Fixed Costs ÷ Contribution Margin
Contribution Margin = Price of Product – Variable Costs
Untuk memahami arti semua ini dengan lebih baik, mari kita lihat lebih detail komponen formula.
Biaya tetap: Seperti disebutkan di atas, biaya tetap tidak terpengaruh oleh jumlah barang yang dijual, seperti sewa yang dibayarkan untuk etalase atau fasilitas produksi, komputer, dan perangkat lunak. Biaya tetap juga termasuk biaya yang dibayarkan untuk layanan seperti desain grafis, iklan, dan hubungan masyarakat.
Margin kontribusi: Margin kontribusi dihitung dengan mengurangi biaya variabel item dari harga jual. Jadi jika Anda menjual produk seharga $ 100 dan biaya bahan dan tenaga kerja adalah $ 40, maka margin kontribusi adalah $ 60. $ 60 ini kemudian digunakan untuk menutupi biaya tetap, dan jika ada sisa uang setelah itu, itu adalah laba bersih Anda.
Rasio margin kontribusi: Angka ini, biasanya dinyatakan sebagai persentase, dihitung dengan mengurangkan biaya tetap dari margin kontribusi Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai titik impas, seperti memotong biaya produksi atau menaikkan harga Anda.
Keuntungan yang diperoleh setelah mencapai titik impas: Setelah penjualan Anda sama dengan biaya tetap dan variabel, Anda telah mencapai titik impas, dan perusahaan akan melaporkan laba bersih atau kerugian $ 0. Setiap penjualan di luar titik itu berkontribusi pada laba bersih Anda.
Cara menggunakan analisis titik impas
Analisis titik impas memungkinkan Anda menentukan titik impas. Tetapi ini bukan akhir dari perhitungan Anda. Setelah Anda menekan angka, Anda mungkin menemukan bahwa Anda harus menjual lebih banyak produk daripada yang Anda sadari untuk impas.Pada titik ini, Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah rencana Anda saat ini realistis, atau apakah Anda perlu menaikkan harga, mencari cara untuk memotong biaya, atau keduanya. Anda juga harus mempertimbangkan apakah produk Anda akan sukses di pasar. Hanya karena analisis titik impas menentukan jumlah produk yang perlu Anda jual, tidak ada jaminan bahwa mereka akan menjual.
Idealnya, Anda harus melakukan analisis ini sebelum memulai bisnis sehingga Anda memiliki gagasan yang bagus tentang risiko yang terlibat. Dengan kata lain, Anda harus mencari tahu apakah bisnis itu sepadan. Bisnis yang ada harus melakukan analisis ini sebelum meluncurkan produk atau layanan baru untuk menentukan apakah atau tidak potensi laba bernilai biaya startup.
Analisis titik impas tidak hanya berguna untuk perencanaan awal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan bisnis dalam operasi dan perencanaan harian mereka.
Harga: Jika analisis Anda menunjukkan bahwa harga Anda saat ini terlalu rendah untuk memungkinkan Anda mencapai titik impas dalam jangka waktu yang Anda inginkan, maka Anda mungkin ingin menaikkan biaya item. Pastikan untuk memeriksa biaya barang yang sebanding, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan harga dari pasar.
Bahan: Apakah biaya bahan dan tenaga tidak berkelanjutan? Cari tahu bagaimana Anda dapat mempertahankan tingkat kualitas yang Anda inginkan sambil menurunkan biaya Anda.
Produk baru: Sebelum Anda meluncurkan produk baru, perhitungkan baik biaya variabel baru maupun biaya tetap, seperti biaya desain dan promosi.
Perencanaan: Bila Anda tahu persis berapa banyak yang perlu Anda buat, lebih mudah untuk menetapkan sasaran jangka panjang. Misalnya, jika Anda ingin memperluas bisnis Anda dan pindah ke ruang yang lebih besar dengan sewa yang lebih tinggi, Anda dapat menentukan berapa banyak lagi yang harus Anda jual untuk menutupi biaya tetap yang baru.
Tujuan: Jika Anda tahu berapa banyak unit yang Anda butuhkan untuk dijual atau berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk impas, itu dapat berfungsi sebagai alat motivasi yang kuat untuk Anda dan tim Anda.